Rabu, 27 Mei 2009

Kedahsyatan Kata

Sadar atau tidak, kata-kata mempunyai kekuatan dahsyat. Kata tidak hanya bisa melemahkan hati seorang manusia, tetapi juga bisa menghancurkan sebuah negara.
Kedahsayatan kata melebihi kekejaman algojo yang bisa mengantarkan nyawa manusia ke tangan malaikat pencabut nyawa. Karena kekuatan kata bisa menyeret manusia dalam siksa dunia dan akhirat.
Tentu masih melekat dalam ingatan kita berapa tokoh masyarakat yang masuk ke penjara karena kepleset lidah sehingga salah kata. Berapa jumlah tokoh politik dieksekusi oleh tangan negara atau lawan politiknya gara-gara perang kata. Dan berapa kali bogem mentah yang harus ditanamkan dimuka para bandit kelas teri oleh para penyidik karena tidak mau memuntahkan kata?
Begitu pula dengan kata para negarawan dalam euforia pesta demokrasi atau pemilu tahun 2009 ini. Perang kata tidak terelakkan. Beribu kata telah ditumpahkan dalam menarik simpati, mengangkat diri, sekaligus menjatuhkan lawan untuk mencapai posisi teratas. Janji yang diucapkan pun berupa kata. Bahkan, tontonan debat calon presiden dan calon wakil presiden pun merupakan tontonan dalam berperang kata. Anda mau berkata apa? (Suta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar